Wabup Sanjaya Hadiri Kegiatan Ngaben dan Metatah Masal Masyarakat Pujungan

                                                              

TABANAN – Pantaubali.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan sangat berkomitmen dan sangat mendukung kegiatan positif ataupun kegiatan yang dilakukan secara bergotong-royong oleh masyarakat Tabanan, baik itu pembangunan Parahyangan, Pawongan ataupun Palemahan.

Seperti halnya kegiatan Ngaben Masal dirangkaikan dengan Metatah masal yang dilaksanakan oleh Masyarakat Desa Pujungan, Pupuan, mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, sekaligus Wabup Sanjaya beserta rombongan menyaksikan prosesi Ngaben Masal dan Metatah Masal tersebut, Senin, (8/7) siang, di Wantilan Desa Pujumgan.

Sesuai laporan Ketua Panitia Acara, I Wayan Sedana yang juga selaku Bendesa Adat Pujungan menuturkan bahwa  ada 59 sawa yang mengikuti Ngaben Masal dan 45 orang yang mengikuti Metatah masal. Dana yang dihabiskan untuk upacara tersebut senilai Rp. 250 juta. I Wayan Sedana, mewakili seluruh masyarakat Pujungan sangat berterimakasih atas kehadiran Orang nomor dua di Tabanan tersebut.

Baca Juga:  Ditinggal Mandi, Gerombong Genteng di Desa Pejaten Terbakar

“Kami sangat berterimakasih Wabup Sanjaya menyempatkan diri menghadiri acara ini. Dan dengan kehadiran Wabup Sanjaya, semoga kegiatan yang kami selenggarakan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan,” imbuhnya.

Wabup Sanjaya sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh masyarakat Pujungan. Ngaben masal merupakan suatu terobosan baru untuk menanggulangi mahalnya biaya pengabenan, begitupun juga dengan metatah.

Baca Juga:  Libur Lebaran, Polres Tabanan Tingkatkan Pengamanan Objek Wisata

Disamping itu, Wabup Sanjaya menambahkan sesuai dengan paradigma masyarakat terdahulu, Ngaben ataupun metatah menghabiskan begitu banyak biaya. Dengan kehadiran kegiatan Ngaben Masal dan metatah masal ini perlahan-perlahan bisa mengubah paradigm masyarakat.

“Dengan konsep yang mengutamakan kebersamaan dan gotong-royong, mahalnya biaya dapat diminimalisir sehingga sangat meringankan beban masyarakat. Saya selaku Wakil Pemerintah sangat mendukung kegiatan seperti ini,” ungkap Sanjaya.

Baca Juga:  Distan Tabanan Genjot Vaksinasi PMK, Dua Kecamatan Ini Belum Tersasar

Usai di Pujungan, Wabup Sanjaya beserta rombongan menghadiri Uleman Pemlaspasan Alit Pelinggih lan Pecaruan Manca Kelud di Pura Kahyangan Jagad Luhur Pesimpangan Kuwub Batukau, Banjar Tuakilang Baleran, Kubontingguh, Denbantas, Tabanan.

Wabup Sanjaya beserta rombongan saat itu disambut sekiranya oleh 69 Kepala Keluarga yang merupakan pengempon Pura Kahyangan Jagad Luhur Pesimpangan Kuwub Batukau. Usai berbincang-bincang dan bercengkrama dengan masyarakat, Wabup Sanjaya beserta rombongan  melakukan Persembahyangan bersama, dan menghaturkan punia yang diterima oleh Panitia Karya setempat. @humastabanan.