3

 

TABANAN – Pantaubali.com – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati, I Made Edi Wirawan, S.E, menghadiri Penutupan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Tabanan, Yang dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen untuk mendukung Implementasi Pembangunan Kota Cerdas, (Smart City) Kabupaten Tabanan, Kamis (22/9). 

Penutupan Bimtek yang telah berlangsung selama beberapa hari terakhir ini mengambil tempat di Gedung Kesenian, I Ketut Maria Tabanan dan dihadiri oleh Ketua DPRD Tabanan, Sekda Tabanan, Para Asisten Sekda beserta Para OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Sebagai langkah tindak lanjut atas terpilihnya Kabupaten Tabanan sebagai salah satu dari 50 Kabupaten/Kota untuk mengikuti program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Tabanan dilaksanakan melalui Bimtek sebanyak 4 kali mulai dari tanggal 20 juni hingga 22 September 2022.

Tujuan pelaksanaan Smart City ini tidak lain ialah untuk mendorong setiap daerah untuk memiliki Inovasi dengan mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna memaksimalkan potensi daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Melalui Pidato Bupati Tabanan yang dibacakan oleh Wabup Edi, Pihaknya menghimbau agar Era digital dapat dijadikan pembelajaran dan pemicu serta penyemangat bagi birokrasi untuk terus melakukan Inovasi agar pelayanan dapat memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat.

“Oleh karena itu, saya minta kepada seluruh pimpinan perangkat daerah, harus cepat melakukan adaptasi, berinovasi dan berkolaborasi. Dengan komitmen bersama untuk mengimplementasikan masterplan smart city dan quick win, saya yakin kita akan mampu menjawab tantangan ke depan dan menyelesaikan program prioritas daerah” Wabup Edi menyampaikan dalam pidato Bupati Tabanan yang dibacakannya.

Baca Juga:  Hujan Deras " Perumahan Panorama Sanggulan Terendam Banjir "

Pihaknya menyatakan, bahwa Pemkab Tabanan akan dan selalu berkomitmen untuk melaksanakan program smart city secara bersungguh-sungguh, tentunya dengan berpedoman pada masterplan smart city yang berhasil disusun dalam kegiatan Penyusunan masterplan smart city, Kabupaten Tabanan oleh Dewan Smart City, Tim Pelaksana Smart City dan Kelompok Kerja (Pojka) Smart city Kabupaten Tabanan atas bimbingan dari Tim Pembimbing/Tenaga Ahli Dari Kementerian kominfo RI.

Implementasi dari Pembangunan Smart City di Tabanan ini pun sepenuhnya telah mengacu pada program prioritas daerah yang dipetakan ke dalam enam elemen smart city yaitu Smart Governance, Smart living, Smart Society dan Smart Environment. “Semoga ke depan mampu memberikan dampak positif sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat” Imbuh Edi. Pihaknya juga berharap kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat kedepannya dapat meningkat sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Tabanan dalam rangka mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM)

Menanggapi harapan dari Bupati Tabanan tersebut, ketua Panitia Penyusunan Master Plan Smart City Kabupaten Tabanan, I Gede Urip Gunawan, S.Sos.,M.Si menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan dan motivasi dari jajaran Pemerintahan Kabupaten Tabanan begitu pula para pembimbing dan tenaga ahli dari kementerian kominfo hingga dewan smart city, tim pelaksana dan pokja smart city, hingga Bimtek yang berlangsung dapat berjalan dengan lancar. “Adapun output dari kegiatan Bimtek ini adalah tersusunnya masterplan smart city Kabupaten Tabanan” Ujarnya.