Patung Bung Karno Akan Segera Di Relokasi Ke Taman Kota Tabanan

8
Patung Bung Karno Di Simpang Kediri Tabanan

TABANAN – Pantaubali.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan fokus mewujudkan Visi Pembangunan Daerah  yakni “Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru “ Aman, Unggul, Madani yang di singkat (Aum)”.

Hal tersebut dimaknai sebagai menjaga kesucian dan keharmonisan alam Tabanan beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan rakyat dan gumi Tabanan yang sejahtera dan bahagia, sakala-niskala sesuai dengan prinsip Trisakti Bung Karno, Berdaulat secara politik, Berdikari secara ekonomi, dan Berkepribadian dalam kebudayaan melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945 serta tata Kelola pemerintahan yang transparan, jujur, lurus, responsif, akuntabel dan melayani dalam rangka mewujudkan masyarakat Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut Pemerintah Kabupaten Tabanan melaksanakan beberapa program dan kegiatan prioritas yang berkaitan lima bidang prioritas pada Pola Pembangunan Semesta Berencana.

Salah satu adalah pembangunan bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya yang bertujuan untuk menjaga adat dan tradisi kehidupan masyarakat Tabanan sebagimana norma yang diyakininya. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tabanan membangun kembali Patung Wisnu Murti di sebagaimana aspirasi masyarakat khususnya masyarakat adat Banjar Anyar dan Kediri.

Bupati Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya Dalam Keterangan Persnya menjelaskan “  Masyarakat menginginkan kembali dibangunnya patung Wisnumurti di Simpang Kediri.” Dengan bentuk dan desain yang disepakati oleh masyarakat Banjar Anyar dan Kediri. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam anggaran tahun 2022 melaksanakan dua kegiatan yang berkaitan yakni Pembangunan Patung Wisnu Murti dan sekaligus pemindahan Patung Bung Karno ke Taman Bung Karno, atau yang saat ini di kenal dengan nama Taman Kota Tabanan.Selain itu juga dilakukan Penataan Ruang Terbuka Hijau Alit Saputra sebagai tempat masyarakat melaksanakan kegiatan berkreatifitas dalam seni maupun olahraga.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Dukung Giat Pembangunan Di Sektor Olahraga dan Seni Budaya

Pelaksanaan tiga kegiatan tersebut termuat dalam APBD Kabupaten Tabanan Tahun 2022 yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus Provinsi Bali serta Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tabanan. Adapun rincian sumberdana yang di siapkan dengan nilai Pagu Anggaran sebanyak 1,9 Miliar dengan nilai Kontrak 1,4 Miliar. Sementara itu pembangunan dan penataan Patung Wisnu Murti Pagu anggaran 1.4 Miliar dengan nilai kontrak 1.1 Miliar Sedangnkan Kawasan RTH Alit Saputra Pagu anggaran 2.5 Miliar dengan Nilai Kontrak 1.9 Miliar.

Pelaksanaan tiga kegiatan tersebut dilakukan melalui penyedia yang telah dilakukan seleksi atau pelelangan sebagaimana prosedur pengadaan barang dan jasa yang berlaku melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.